The Best Teacher Ever

Kali ini aku mau ngenalin salah satu guru favoritku sewaktu SMA, atau mungkin yang terfavorit haha.
Pak adil, yak beliau adalah guru fisika terhebat buatku. Beliau guru fisika kebanggaanku, yang tak pernah menyerah mengajar muridnya walaupun beliau sedang sakit. Walaupun beliau harus cuci darah setiap beberapa kali dalam sebulan, beliau tak pernah meninggalkan tugasnya sebagai guru, beliau benar-benar guru sejati. Tak pernah ada kata lelah terucap di bibirnya, tak pernah beliau mengeluh dengan kedaannya, beliau justru membuat kami bangkit, semangat menggapai cita-cita kami.
Aku suka cara beliau mengajar, menuliskan apa yang harus kami catat lalu menerangkannya dengan detail sampai kami mengerti. Dan disela-sela mengajar pun tak lupa beliau suka bertindak lucu, itu yang membuat kami senang sama beliau. Walaupun bercandanya ngatain tapi ga pernah sedikit pun kami masukan ke dalam hati, itu semua hanya lelucon dan kami terhibur. Bahkan disaat menerangkan beliau menerangkan sambil memberikan contoh yang lucu sehingga kami mudah mengingat.
Beliau memang guru favoritku, guru favorit kami, mungkin bahkan satu sekolah haha. Tak ada yang tak mengenal beliau, bahkan anak ips pun mengenal beliau :)


Namun, pagi ini aku mendapat kabar duka.
Hari ini, tanggal 3 maret 2015, tepat pukul 09.00, guru favorit ku ini dipanggil yang Maha Kuasa. Sedih pasti, aku sedih bahkan syok banget dengernya, aku bahkan awalnya ga percaya, selama di kampus tadi pikiranku melayang, antara percaya dan tidak. Aku mencoba menahan air mataku untuk tidak menetes, aku menutupinya dengan senyum palsu yang kubuat. Aku takut, aku takut kalau aku sudah meneteskan air mata aku takut berlanjut dan akhirnya tak bisa berhenti, atau bahkan bisa menyebabkan aku muntah.
Karna kebetulan siang ini dosenku masuk hanya sebentar dan aku juga lagi first day datang bulang, akhirnya pun aku pulang ke kos an dengan niat istirahat sebentar karna perut yang sakit lalu sore balik ke kampus buat kuliah. Namun, sakit diperutku tak tertahankan, dan tak sadar air mataku mulai menetes ketika aku membaca chat grup angkatan sma ku.
Akhirnya pun aku memilih untuk tidak ikut kuliah karna udah ga kuat buat jalan lagi ke kampus. Dan yang aku takutkan pun terjadi, pecah lah tangisku, keluarlah semua air mata yang udah seharian aku tahan. Mengingat wajahnya, senyumnya, yang menandakan kalau dia bangga sama aku, makin membuat tangisku pecah sepecah-pecahnya. Bahkan rasa sakit di perutku pun terlupakan karna tangisan ini.

Kami semua sayang sama beliau, namun Allah SWT lebih sayang sama beliau. Dan kami disini cuma bisa memberikan doa semoga amal ibadah beliau diterima sama Allah SWT, aamiin. Bakalan kangen banget sama cara bapak ngajar yang asik dan konyol (hehe), cara bercandaannya bapak, bakalan kangen banget sama senyumnya bapak.

Dan terima kasih Pak Adil. Makasih udah selalu semangat ngajarin kami, makasih udah merelakan waktu istirahatmu demi mengajar kami, makasih udah bikin saya yang dongdong ini bisa dapet nilai absolute UN fisikanya, makasih buat catatan-catatan fisika yang super keren yang bikin saya suka sama fisika dan akan selalu saya simpan rapih, makasih pak, you are the best pak.


Selamat jalan Pak Adil, semoga bapak senang di sana. Jasa bapak tak akan pernah kami lupakan :')
You are my hero, pak.
You are the best teacher ever :)

Comments

Popular posts from this blog

Bus Rapid Trans (BRT) Semarang

AB forever

For me, SEMARANG is...